Adji Soegiatno – Author

Home     Tentang     Buku Saya

Hai, saya Adji Soegiatno

Seorang Wiraswasta & Penulis Buku

Adji Soegiatno

Biografi  Adji Soegiatno

Adji Soegiatno pensiunan pekerja konstruksi  berdomisili di Selomerto Wonosobo. KTP Depok. Hobinya mendaki gunung, menulis dan berkebun. Lelaki  dari suami seorang Auditor dan bapak tiga mahasiswa berprinsip mencari nafkah sampai akhir hayat dan fokus ibadah sejak baligh. Di mata Adji Soegiatno, dunia itu sangat penting karena cara menjalani hidup di dunia akan berdampak di alam barzah dan alam akhirat. Oleh karena itu akan menyesal yang menyia-nyiakan dunia dengan mengabaikan kehidupan selanjutnya.

This is my story…

Menulis buku sama dengan bernyanyi dan berolah raga.  Tahap pertama senang lalu suka berlatih. Kesenangan ini seharusnya datang semenjak kecil. Dan berlatih menulispun semenjak kecil. Namun sebagaimana manusia yang lain awalan itu tidak bisa direncanakan hobi menulis sejak kecil tapi giat berlatih menulis setelah usia lima puluh tahun.

Berlatih lebih impact full Ketika Bersama-sama orang lain. Supaya bisa Bersama-sama salah satu caranya ikut komunitas. Dari komunitas ini mendapatkan informasi terkait Literasi. Pelatihan menulis, penerbitan buku, ISBN, KKBI dan lain-lain. Komunitas akan mengantarkan kemana langka kita tertuju.

Dari komunitas ditawarkan Pelatihan, Nulis bareng hingga tantangan tiga puluh hari menulis. Setiap hari menulis satu Bab dengan seribu suku kata. Dipaksa mengalokasikan waktu kurang lebih satu jam setiap hari. Dari Komunitas tahu bagaimana mengatasi kebuntuan menulis, format menulis, harga dan lain-lain.

Pelatihan menulis adalah salah satu jalan menuju terbitnya sebuah buku. Bersama Alineaku, Pak Cah, Bu Ida dan Team. Mengetahui apa itu outline, POV, Sinopsis, Blurb, Self editing, Penerbit, editing penerbit, Layout, Cover, ISBN dan lain-lain. Tahu juga bagaimana Menangkap dan mengamankan ide, mengelola waktu, menuangkan ide menjadi out line dan mengembangkan out line menjadi tulisan.

Setelah melalui proses di atas akhirnya terkumpulah naskah. Dari satu halaman dua halaman hingga terkumpul naskah untuk satu buku. Mulailah berkordinasi dengan penerbit. Diskusi harga, editing, layout, cover, flyer dan lain-lain.

Terakhir setelah jadi buku tinggal memasarkannya. Seorang penulis pada awal karirnya juga harus bisa menjadi sales, menentukan harga, menawarkan, packing dan pengiriman. Dimanakan buku kita pasarkan? Di media sosial, FB, IG, WAG bahkan kalau perlu japri orang per orang. Penerbit tertentu bisa menjual 100 buku sudah dapat sertifikat best seller dan di covernya tertulis best seller. Buat pemula buku pertama mungkin masih banyak teman dan saudara yang penasaran 100 buku barang kali mudah. Buku kedua, Ketiga dan seterusnya? Tulisan kita harus ketemu pembacanya.

Tahap selanjutnya bisa dibicarakan pemasaran melalui buku digital. Baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan penerbit. Bisa juga menulis di platform baca online. Banyak platform yang bisa diikuti. Juga bisa bikin web atau aktif menulis di aplikasi seperti kompasiana.

Setelah ikhtiar itu semua dikerjakan tahap berikutnya berdo’a.

Profil Singkat  Adji Soegiatno

Buku Terbaru Adji Soegiatno

Romantisme Ala Jalidin

Judul Buku : Romantisme Ala Jalidin (Perjalanan Hidup Seorang Sopir...

Read More

Bagikan ke sosmed

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Copyrigt © Alineaku Publisher allright Reserved